Your Login Details

Yogya, The Second Time

Liburan

Yogya, The Second Time. Yogya, walau masih di pulau jawa sangat jarang sekali aku kesana, mungkin karena memang tidak ada saudara (doh). Dulu pernah mampir ke yogya waktu zaman SMA, waktu itu kalau gak salah ada jalan-jalan bareng ke Bali jadinya bisa mampir sebentar di Yogya.

Nah, tahun baru 2010 ini, aku diajak sama teman SMP-ku untuk tahun baruan di Yogya, secara emang belum ada planning jadinya aku ikutan. Planningnnya udah jauh-jauh hari, sekitar 3 mingguan sebelum tahun baru, lumayan ribet planningnnya chatting selalu setiap saat. Sebenarnya aku gak ikutan ribet karena tiket berangkatnya udah dibeliin dari oleh temanku, naik kereta bisnis Senja Utama karena keretanya udah pada penuh. Terus baliknya naik trevel dan itu juga sudah dipesanin sama temanku. Yang jadi masalah, aku musti nginep di penginepan, lagi-lagi temanku dengan berbaik hati menghubungi beberapa hotel di sana, walhasil aku tinggal berangkat ajah judulnya.

Lemah letih dan lesu

30 Desember 2009, aku berangkat dari kantor di jemput oleh temanku pakai taksi, taksinya bersauna karena AC-nya mati (OMGWTFBBQ). Kami berangkat pukul 17:30 karena keretanya berangkat jam 19:30. Nah, Senja Utama itu berangkatnya dari stasiun Senen, sambil nunggu kereta iseng moto diri sendiri, ini dia potoku sebelum liburan. Loyo tidak bersemangat.

Day 1

Keretanya mayan penuh, ternyata banyak juga yang pulang kampung pas Tahun Baru, mungkin karena tanggal 1 Januarinya itu hari jum'at jadinya bisa long weekend. Keesokan harinya tiba di yogya jam 6 pagi dengan selamat (hore), meluncur langsung dengan taksi menuju kos-kosan adik teman ku sebagai persinggahan pertama dan tempat menginap teman-temanku tersebut. Siangnnya setelah menyegarkan diri dengan mandi bebek, kita semua berjalan menuju tempat penginapanku, namanya Hotel Satya Nugraha (kalo digoogling pasti dapet websitenya). Dia adanya di daerah Ambarukmo Plaza (hhh, apa Ambruk Plaza :P), lumayan dekat dari kos-kosan adik temanku itu, jadinya kita berjalan kaki ke sana. Dan ternyata kalo berjalan kaki tidak terlalu dekat, mungkin dikarenakan cuaca jam 11-an siang yang cukup terik di tambah sempat salah belok. Tapi akhirnya nyampe juga. Ini diah tampilan hotelnya, sederhana secara emang murmer. Yang hebohnya aku ngambil kamar yang double bed karena udah penuh.

HNI_0061 HNI_0057 HNI_0056

Nah, abisan ngeliat-ngeliat tu kamar dan ngacak-ngacak sedikit kasurnya kita langsing pergi lagi, selanjutnya ke tempat trevel untuk pembayaran trevel lalu pergi makan siang. Karena tempatnya kami tidak tau jadinya kami memesan taksi dari hotel dan musti nunggu 15 menitan, untung bisa ngobrol (doh). Nah abis dari tempat trevelnya kita makan di warung pinggir jalan yang jaraknya tidak jauh dari kantor trevelnya. Makannannya murah tapi porsinya ngeledek abis.

Selanjutnya perjalanan kami dilanjutkan ke Candi Prambanan, angkotnya mudah karena tinggal naek Trans Yogya. Keren juga yogya udah punya Trans Yogya, karena kalau nulis Trans Yogya itu kepanjangan di singkat jadi TiYo aja (kalo Trans Jakarta TiJe :P). Keberuntungan tidak berpihak di kita karena pas udah nyampe di halte Candi Prambanan turun hujan lumayan besar. Kami sempat berteduh 15 menitan di shalter TiYo-nya sampai akhirnya memutuskan untuk ke Malioboro ajah. Cerita sedikit tentang TiYo, busnya kecil-kecil tidak seperti TiJe, dia tidak punya jalur merah sendiri jadi itungannya mirip biasa, dia punya Shelter sendiri yang lagi-lagi kecil dan selalu penuh, busnya juga penuh, gak percaya ini dia potonya (maaf mas-mas dan mbak-mbak yang ke poto, karena ini poto candid dan belom sempet di edit :D, tapi kalo yang terakhir itu poto kita)

HNI_0014 HNI_0011 HNI_0012

Nyampe ke Malioboro kita shopping-shopping dikit (nggak juga sih) dan nyangkut di toko batik di ujung yang lumayan gede dan super rame (kaek Zara pas lagi sale) cuman lupa namanya, kalau gak salah Miroto. Di situ aku memperoleh topi baru (dan sendal plus baju untuk oleh-oleh). Tokonya super lengkap, kalau untuk orang kaek aku yang males nawar toko ini lumayan mendekati harganya, walau agak mahal dikit. Yang seru tokonya itu dipenuhi bau dupa dan kembang, sampai-sampai kamar mandinya aja di kasih kembang-kebang gitu. Yang gokil toko itu ngejual sepeda ontel yang harganya 5.000 kulit kerang, omijot mahal amir.

Nah berhubung tahun baruan mau di daerah alun-alun dimana itu toko letaknya lumayan deket dari alun-alun, akhirnya kita ngendon di resto diatas toko itu. Restonya namanya Oyot Godhong, disitu aku mesen minuman Es Jeruk pake gula jawa yang rasanya kaek bubur kacang ijo (kalo kesana jangan mesen minuman itu). Akhirnya kita ngendon di resto itu sampai rada malaman. Nah dari situ keliatan banget lalu lintas menuju alun-alun, penuh gilak udah kaek semut.

HNI_0016 HNI_0022 HNI_0024

Yah begitulah, sambil menunggu malam tiba akhirnya kami duduk di restoran yang adanya di atap dari toko Miroto tersebut. Selanjutnya ketika maghrib menjelang kita menyempatkan mampir di mushola toko tersebut dan akhirnya kami berjalan ke ujung jalan Malioboro yang mengarah ke alun-alun. Kami tidak jadi ke alun-alun karena emang masih rada jauh dan akhirnya duduk-duduk di trotoar yang lumayan lebar. Walaupun trotoarnya lebar, sudah banyak orang-orang lain berduduk-dudukan di sekitar trotoar tersebut, namun kita beruntung masih mendapatkan secuplik tempat di bawah pot tanaman (hihihi).

Waktu menunjukan 7 malam lebih-lebih dikit, masih lama jam 12-nya. Akhirnya di situ kami hanya duduk-duduk, foto-foto dan yang paling heboh banget mengupdate status fb dan plurk. Heboh sekali karena di jalan tersebut tersedia WiFi gratis yang di sediakan oleh Speedy. Yang lebih seru kalau mau pipis jauh banget, soalnya waktu itu aku sempet kebelet pipis dan toko-toko udah pada tutup, wal hasil muter-muter mencari WC umum, untungnya ada setelah dianterin cowok adiknya temanku :D.

Lebih seru lagi sebelum 00:00 ada semacam pawai dan demo orang-orang bersepeda, demonya sih biar pada lebih sering naik sepeda biar gak Global Warming gitu deh.

Terus apa yang terjadi pada pukul 00:00, cuman ada kembang api. That's it :P. Tapi seru juga karena akhirnya bisa ngeliat Blue Moon. Yang gak kalah seru adalah pas pulangnnya, gilak nunggu taksinya susah dan lama, dan akhirnya kita duduk-duduk dulu di emperan trotoar sambil menikmati es teh manis (iya tengah malam minum es teh manis). Dan akhirnya kami mendapatkan taksi kami pukul 2 pagi.

CIMG0851 CIMG0840 CIMG0856

Setibanya di hotel, aku menyempatkan mandi air anget (untungnya milih kamar yang paling mahal :D, coba kalo nggak). Dan bisa tertidur nyenyak dan terbangun karena anak-anak di kamar lainnya udah pada main di pagi harinya.

Day 2

Walhasil aku ikutan bangun, secara udah lapar juga. Karena disedian sarapan jadinya ku ngendon di kamar sambil nonton Doraemon. Sarapannya nasi biasa plus ayma goreng 2 porsi (mantap jadi bisa makan 2 ayam). Yang nggak banget dikasih buah delima, pagi2 dikasih makan delima bikin sakit perut ajah.

Berhubung hari itu adalah hari jumat, 1 januari 2010 (gila futuristik banget udah 2010 aja), kita semua jalan-jalannya habis jumatan. Hari itu udah dipersiapkan untuk jalan-jalan ke pantai nan jauh di sana, ke pantai ngerenehan (kalau gak salah). Nah jam 10 pagi aku udah berangkat dari hotel menuju .... warnet buat ngeliat plurk dan fb dan google reader (OMG liburan masih aja nyempetin online).

Jam 11:30 akhirnya cabut ke tempat kumpul kita yaitu sebelah Plaza Ambarukmo tepatnya kos-kosan adiknya temenku. Walau udah tau hari itu hari jum'at aku pergi dengan celana pendek (ceritanyakan turis) berharap temenku bawa sarung cowok atau ada sarung di mesjid, yang ternyata tidak ada. Walhasil aku jum'atan dengan menggunakan kain bali warna hijau bergambar pantai (dodol abis dah, tapi yang penting nutup aurat). Dan sangat menyesal sekali tidak sempat memotrek kegilaan diriku yang satu ini.

Jam 1 akhirnya mobil carteran kami datang, aku sedang berbelanja minuman di Carrefour jadilah menunggu diriku sebentar, selanjutnya menyusur kejalanan. Perjalanannya cukup jauh sekitar 2  jam perjalanan melalui perbukitan, perhutanan, jalan-jalan kecil dan untungnya tidak menyasar.

HNI_0032 HNI_0048 HNI_0037
HNI_0045 HNI_0047 HNI_0052

2 jam berlalu dan akhirnya nyampe di pantainya, wow pantainya emang lumayan sepi, terus dikelilingi perbukitan. Pantainya semacam tertutup dan terbentengi gitu. Di situ kita langsung maksi (karena emang belom maksi) dan poto-poto dan di sertai berenang. Akhirnya aku belajar berenang lagi (secara dari dulu gak bisa berenang) dan tetep saja belom bisa. Tapi yang paling cihuy itu poto-potonya, karena si cowonya adeknya temannku itu fotografer, hasilnya lumayan gitu.

CIMG0915 CIMG0909 CIMG0912
CIMG0907 CIMG0895 CIMG0890

Sekitar jam 18:00 malam kita blik ke Yogya dan mengitar-ngitar sebentar, tujuannya mau ke bakpia no 21 (apa 25 yah) yang lumayan terkenal buat beli oleh-oleh plus nyari tempat makan. Bakpia dapat, makan malam juga dapet walu sempet muter-muter karena pada penuh. AKhirnya ku sampai ke hotel sekitar jam 11 malam dan seperti hari kemarinnya aku mandi air anget dulu sebelum tidur, yang ternyata ampuh menghilangkan pegal-pegal setelah seharian jalan-jalan.

Day 3

Ke seokan harinya aku terbangun karena Bapak menelpon dari Jakarta, dan lagi-lagi ngendon di kamar. Hari ini sarapannya nasi goreng pake ayam lagi (hore lagi-lagi dapet 2 ayam) plus buah semangka (hore dapet 3 buah semangka) dan karena kasihan buah delimanya gak dimakan akhirnya aku makan juga.

Jam 09:00 aku siap-siap keluar hotel untuk checkout. Hari ini akan jalan-jalan ke Malioboro lagi dimana rencananya mau ke alun-alun buat ngeliat puun beringin tapi gak jadi karena udah jauh panas delmannya minta bayaran 40 kulit kerang lagi. Walhasil kami cuman mencari oleh-oleh tambahan di Malioboro dan lalu makan siang di Mal Malioboro. Selanjutnya kami kembali ke samping Plaza Ambarukmo guna menunggu trevel menjemput jam 15:00 nanti.

Karen cuaca yang sangat teramat panas, akhirnya aku ngendon di Dunkin Donuts Plaza Ambarukmo sambail maen DSi-ku dikarenakan ada WiFi gratis di situ :D.

Dan liburan tahun baru kami pun berakhir. Tapi ceritanya masih berlanjut, di perjalanan naek trevel asmaku kambuh, wuih tepat di saat yang tidak diinginkan, walhasil selama perjalanan pulang aku gak bisa tidur dengan pulas, tapi untungnya kambuhnya gak terus-terusan dan gak seheboh waktu aku asma saat kuliah.

Bonus

Karena anda sudah baik sekali ngebaca blog aku hingga bawah, sebagai bonus saya kasih foto narsis ku (Ini nggak banget dah).

CIMG0929 18160_1293781755119_1547568079_30752616_1234840_n CIMG0930

The Comments

Write a comment

• Required fields are marked with *. (do'oh)

Type your name here, but it not necessary, because I had anticipate your lazy hand.

Yes, you can leave it empty. It's not like that I'm going to write you an email. But if you do, I will display your Gravatar.

It's unnecessary to provide your blog url, but here it is. Use this format: http://www.dwaan.com.

You're encourage to write a subject. Well if not, I'll give some nasty and ugly subject to your comment.

You really have to write your comment below, it's required. I mean, you want to write a comment wont you?.

If you have trouble reading the code, click on the code itself to generate a new random code.

Sorry, I don't trust you are human. Please type those funky words to prove you are a human.

gita lutchu
:p
Tue January 05, 2010, 09:57:53
nama tokonya mirota...
5.000 kulit kerang maksudnya ape ye..? *think mode on*

Some Stranger
Tue January 05, 2010, 11:27:59
hahaha, kulit kerang: mata uang rahasia gw.

DwAN
Tue January 05, 2010, 11:36:10
up yang tadi gw cuman lupa login :P

gita lutchu
nambah
Tue January 05, 2010, 15:37:54
itu bakpia 25
n ralat muter" nyari tempat buat makan malem bukan karena penuh, tapi krn udah pada abis semua makanannya... :p

nana
Tue January 05, 2010, 15:38:52
poto yg tengah paln gbawah.. cocok buat prewed gung... ^_^
Tue January 05, 2010, 16:41:44
du, berapaan tuh hotel harganya??
eh pantainya sepi gitu enak jg yaaa.. kapan2 ah mo ke jogja.. hihihi
.......
Tue January 05, 2010, 17:31:59
dwan, overall dari tulisan lo ini, thanks banget buat bonusnya!

wakakakakakakakaka
Last Edit: September 18, 2012, 06:43:37 by dwan

DwAN
Tue January 05, 2010, 19:24:52
@gita: oh iya lupa gw, musti diedit lagi kalo gitu.

@nana: tolong di catet, mungkin prewed nana bisa di situ :D

@dey: peak season cuman 280 kulit kerang judulnya kamarnya Angrek AC, Hotel Satya Nugraha namanya (eh ada di atas deng.

@toba: hahaha. Jadi malu.