Your Login Details


Waking up the review

Societie ternyata kembali menjadi tempat ku membeli CD album barunya OneRepublic. Alkisah kamis kemarin setelah selama 2 bulan lebih tidak pernah ke PIM lagih, akhirnya aku menyinggahinya karena sudah bikin janjian buat ngumpul bareng teman-temanku. Hal yang pertama kali aku ingat kalau lagi bersua ke suatu mall adalah mencari toko CD, dimana kalau di PIM khususnya PIM 2 terdapat 2 buah toko CD, Sociatie dan satunya lupa judulnya. Nah, ketika browsing-browsing CD di toko Societie itu, akhirnya ketemu juga album barunya OneRepublic yang berjudul Waking Up, yang sebenarnya sudah beredar dari bulan November tahun lalu di negaranya sana, tapi sepertinya baru bereder bulan-bulan ini di Jakarta.

Kesan awal melihat albumnya: "Loh kok Album Artnya beda sama album art Waking Up yang ku kenal". Selidik punya selidik (bertandem ke Wikipedia), ternyata memang ada 3 (tiga) versi album ini, yang pertama versi oroginal, yang kedua versi deluxe dan yang ketiga versi International. Silahkan telaah perbedaannya dibawah ini:

Waking Up

Persi Awal

Waking Up Deluxe

Persi Deluxe

Waking Up International

Persi International

Kenapa harus ada 3 yah? Aku pun tidak tau. Yang jelas selain gambarnya yang beda, dimana album art yang versi International lebih ciaur, karena desain awalnya ditimpa pake poto anggota bandnya yang kataku malah jadi gak masuk, ternyata konten a.k.a lagu-lagu didalamnnya berbeda. Pada album versi awalnya terdapat 11 buah lagu, lalu di versi deluxe (yang cuman nongol di Amerika Serikat sono) ditambah 4 lagu tambahan dan di versi International hanya ditambah 2 lagu tambahan dan 1 versi berbeda dari lagu berjudul All This Time. Btw, album art-nya sendiri bertemakan cipratan cat.

Waking Up Album Art 2

Bagian Depannyahhh

Waking Up Album Art 3

Bagian Belakangnnyahh, ada 13 laguhh

Waking Up Album Art 7

Bagian depan, dalem, CD.

Kali ini, albumnya di produseri oleh Ryan Teddar, vokalisnya band ini. Beliau telah banyak berkecimpung sebagai produser lagu seperti beberapa lagu di album pertamanya Blake Lewis, terus lagu Halo dari mbak Beyonce, lagunya Bleeding Love-nya mbak Leona Lewis, dan sebagainya. Kalau sering memperhatikan lagu-lagu yang di produserin samas mas Ryan, bisa diambil benag merah dimana semuanya lagunya akan memiliki beat/irama Drum Loop yang kalo bisa kamu denger pasti sulit dilupakan, dan irama Drom Loop yang terkesan lebih dominan. Dari situ, ketika pertama kali aku mendengar lagu andalan mereka All the Right Moves aku menebak kalau lagu ini di produseri oleh mas Ryan. Dan ternyata benar, ketika beberapa minggu sebelum albumnya keluar, aku ingat salah satu Tweet dari anggota mereka yang mengatakan album kedua mereka di produseri sama mas Ryan.

Selain lagu All The Right Move yang kental dengan irama buatan mas Ryan, ada beberapa lagu lagi yang ketika pertama kali dengar langsung tau pasti ini buatan mas Ryan. Lagu berjudul Secret, Good Life dan Marching On sangat membuktikan keterlibatannya dalam album ini. Sangat kentara sekali begitu dominannya mas Ryan dan band ini, tapi perlu diacungin jempol karena hingga saat ini dia tidak pernah bersolo karir dan tetap kekeh dalam OneRepublic.

Sedikit cerita dibalik lagu-lagunya, sempat suatu waktu ada tweet atau bacaan di websitenya (lupa aku) dari OneRepublic yang menyatakan: "Anggota band kami sudah tua, ada yang sudah berkeluarga dan bahkan ada yang sudah memilik anak, oleh karena itu album Waking Up ini tidak melulu tentang lagu cinta, seperti lagu-lagu di album pertama kami yang saat itu beberapa lagunya ada yang kami buat ketika kami remaja". Dari pesan itu, aku penasaran apa benar lagu-lagunya bukan lagu-lagu cinta. Ternyata setelah secara satu persatu aku mencari lirik lagu-lagu dari album ini, ternyata benar pernyataan ini.

Lagu All The Right Moves contohnya menceritakan kekhawatiran mereka terhadap album ini, dimana mereka yang sudah di cap one hit wonder karena single Apoligize dari album pertama mereka yang merupakan lagu yang terbanyak didownload hingga saat ini khawatir karena cap itu, mereka dipandang sebelah mata. Dalam lagu itu menceritakan, kekhawatiran mereka terhadap penyanyi/band-band baru yang lebih memiliki tampilan catchy dan "berbakat" akan meneggelamkan band mereka, secara mereka sudah pada tua.

Ada lagi lagu Secrets yang menceritakan dilema seorang penulis lagu. Dimana seperti pengalamanku, suatu saat pasti akan terjadi suatu keadaan dimana telah bahan cerita yang bisa dijadikan sebuah lagu, karena rahasia dalam hidupnya telah dituangkan semua ke dalam lagu. Tambahan lagi, lagu tersebut menceritakan ketidak suakaan dirinya terhadap lagu buatannya sendiri. Suatu hal yang sangat umum di dunia kretif. Tidak ada seorang artis yang menyukai karyanya sendiri, karena ketika dia telah puas dengan hasil karyanya, dia akan berhenti berkarya (kalimat barusan sepertiya pernah aku baca dimana, cuma lupa).

Dari pada cerita lebih panjang dan lebar, berikut penilainku terhadap album ini dan berserta lagu-lagu di dalamnya dalam satu buat gambar:

Waking up in one jpeg

Lagu andalan mereka All The Right Moves dan Secrets tidak dapat dipungkiri lagi merupakan lagu yang enak di dengar. Lalu ada beberapa hidden gem di lagu ini, yaitu lagu Missing Person 1 & 2, Good Life dan Marching On. Sebagai catatan lagu yang ternyata favoritku di album ini sangat kental sekali irama dari mas Ryan-nya. Aku ada cerita sedikit dibalik lagu Missing Person 1 & 2, lagu ini sangat aneh karena gabungan 2 buah lagu, dimana keduanya memiliki aura yang berbeda. Bagian pertama lagu itu memiliki aura sendu dan bagian keduanya memiliki aura seram. Pada awalnya aku benci sekali dengan lagu ini, tapi ntah kenapa ini lagu malah lagu yang sering aku dengar di kantor. No 1 di lagu yang paling sering aku dengar, aneh. Yang pada akhirnya aku putuskan kalo lagu ini memang seru.

Ada dua Lagu bonus di album ini yaitu Sleep dan Shout, entah kenapa lagu Sleep seperti pernah aku dengar, karena lagunya sangat familiar. Sepertinya sih itu lagu bonus di album mereka yang pertama yang tidak ada di albumnya yang beredar di Jakarta. Kalau boleh jujur, sebenarnya aku dari bulan Desember 2009 sudah mendengarkan albumnya (versi di dongdong di intertubes), jadinya udah meresapi lagu-lagunya.

Links: Photo album Waking Up-ku | OneRepublic's Tweet | Website mereka | Info album mereka di Wikipedia


The Comments

Write a comment

  • Required fields are marked with *. (do'oh)

Type your name here, but it not necessary, because I had anticipate your lazy hand.

Yes, you can leave it empty. It's not like that I'm going to write you an email. But if you do, I will display your Gravatar.

It's unnecessary to provide your blog url, but here it is. Use this format: http://www.dwaan.com.

You're encourage to write a subject. Well if not, I'll give some nasty and ugly subject to your comment.

You really have to write your comment below, it's required. I mean, you want to write a comment wont you?.

If you have trouble reading the code, click on the code itself to generate a new random code.

Sorry, I don't trust you are human. Please type those funky words to prove you are a human.

 

 

Comment
hi
Mon March 01, 2010, 10:11:38
wah penggemar onerepublic ternyata yah Om :D

DwAN
Comment
Re: Waking up the review
Mon March 01, 2010, 10:13:25
iya gan, penggemar gadungan (rock)
Comment
keren gan
Mon March 01, 2010, 10:25:05
keren gan lagu2nya, mantaf semuanya.. (music)

DwAN
Comment
Re: Waking up the review
Mon March 01, 2010, 10:25:51
argh, musti ngeadd emo ituh (headspin)
Comment
eh albumnya udah ada ya?
Mon March 01, 2010, 12:32:47
albumnya udah bisa dibeli di jakarta ya? (woot)
soalnya kemaren ngecek di disctarra puri, albumnya nteu aya (annoyed)

DwAN
Comment
Re: Waking up the review
Mon March 01, 2010, 14:10:55
Udah mel, ini di toko Societie PIM 2, DiscTarra juga sebenarnya, aneh juga kalo di DiscTarra yang laen belom ada (rock)
Comment
significantly frozen benefits high
Thu June 17, 2010, 06:44:24
societies president extinctions running issue impact beginning