Your Login Details


Review Kaskus Apps for iPhone

Di suatu tengah malam yang sendu dan sepi, aku membuka twitter app di ipun ku, tiba2 aku melihat info dari teman kalau sudah ada kaskus app di apps store. Saat itu juga walau malam telah larut dan mata mengantuk, aku mendownload apps tersebut dengan berbekal koneksi TS*L FL**H-ku. Tidak beberapa lama akhirnya selesai juga mendownload dan ini dia teman2 Kaskus Appa untuk iPhone. Akhirnya aku bisa ngaskus di enpon tanpa bersusah payah melihat halaman website kaskus yang kecil2 tulisannya kalo diliat di safari mobil (web kaskus versi webnya juga gak membantu karen formatingnya gak bener kalo di mobile Safari). Nah ini dia review ku terhadap apps tersebut.

 

1. Tampilan

Pertama kali jalan, kamu-kamu-kamu akan di suguhkan layar splash screen (omg, penting banget ada splash screennya) dan ketika splash screenya melenyak kamu-kamu-kamu akan di suguhkan halaman home appsnya yang layoutnya menyerupai halaman home ipun itu sendiri. Kesan pertama melihatnya "wow, biru oranye. Warna yang jarang aku pake untuk ngedesain web" (ceritanya aku web designer gadungan), tombol2nya sih sama dan std dengan guideline UI iPun, cuman warnanya ajah yang kinclong2 oranye dan biru (kaek logo kaskusnya).

Splash ScreenHome

Untuk tampilan aku kasih: 5 jempol


2. Fitur

Oke, tapilannya udah maknyus, terus gak mungkin cukup di situ dong, musti di ripew fitur2nya. Sejauh yang aku liat pitur-piturnya cukup lengkap, udah sesuai dengan pitur di webnya kaskus. Kalo di jembrengin pitur2nya sbb:

Hot Thread: Pitur terpenting untuk ngeliat thread yang paling eens saat ini di kaskus, penampakannya sederhana hanya berupa teks percis sama kaek di webnya. Kalo di klik salah satu threadnya akan muncul lah halaman threadnya.

HT

Thread dan Komentar: Apa jadinya kaskus app kalo threadnya gak bisa di lihat, ini pitur utama dan satu-satunya yang aku rasa masih kurang implementasinya walau yang sekarang juga udah cukup ok. Ketika kita membuka sua thread kita di suguhkan 1 halaman thread tersebut tanpa komen-komen selanjutnya. Komennya tersembunyi di tombol2 di toolbarnya dan tampilan komen-komennya sepotong2, ketika di klik barulah nongol versi lengkapnya.

Thread ViewComment ViewPreview CommentReplyEmoticonsPreview Komen

Dari toolbar-toolbar tersebut kita juga mereply thread, men-quote thread tersebut, namun tidak bisa mengquote komen orang lain. Reply kita juga bisa kita preview dulu dengan menekan tombol2 yang ada di toolbar, selain itu jika keyboardnya di sembunyikan akan tampil list emoticons kaskus yang bisa digunakan.

List Kategori + Thread dan Bikin Thread Baru: Nah fitur utama yang memang wajib ada adalah browsing kategori dan sub kotegori yang ada di kaskus, semuanya ada di sini. Kegunaannya bisa browsing kategori yang jelas untuk ngeliat list thread yang ada di situ dan juga untuk ngebuat thread baru. Cekidot screenshootnya.

List Kategorinew Thread

Searching: Pitur penting lainnya, yang keren dari fitur searchingnya ketika mulai di ketik langsung nongols resultnya, maknyos, Gak lama kaek fitur searching di web kaksus :P.

Searching

Halaman Akun dan Profile user lainnya: Dengan fitur ini kita bisa melihat profile akun kita via ngeklik dari toolbar di home pagenya. Kita juga bisa melihat pm dan vm. Kita juga bisa ngepost pm ato vm kalau ita sedang di profile orang. Kekurangannya kita tidak bisa mengubah2 profile kita di sini, belum bisa ganti pic profile kita, ganti password dan semacamnya. Fitur yang berasa kurang juga adalah fitur ngasih cendol atau bata belum ada juga di sini.

Untuk profile user lain, hanya bisa kita lihat dari thread yang dibuat oleh user tersebut, dan para komentatornya pada thread tersebut tidak bisa kita lihat karena tidak ada linknya. Cekibrot tampilannya:

ProfilekuProfile Orang

Lainnya: Tambahan pitur lainnya yang adalah kita dapat mengatur icon di home screennya dengan cara pencet iconnya sampe goyang2 terus baru di geser2, dari situ juga kita bisa mendelete icon-cion yang kita tidak perlukan, kita juga bisa menambahkan kategori kesuakaan kita di dalamnnya.

FavGoyang

Setelah aku jelasin sedikit di atas, fitur-fitur Kaskus Apps lumayan lengkap namun masih ada beberapa kekurangan di tasa bawah kiri kanan depan belakang, jadinya aku kasih 4 jempol kalo dari segi fitur.

 

3. Performa

Dalam percobaanku dengan Kakus App, aplikasinya lumayan kenceng dan gak lambat, support state-savingnya multitasking IOS4, loading threadnya gak pake lama, kiram-kirim juga gak lama. Mantap lah, aku kasih jempol 4 untuk performa. Aku juga sedikit nemu bug di sini, saat kita dalam tampilan membaca thread kalau kita tekan tombol home di iPun kita terus balik ke app-nya, toolbarnya menghilang menyisakan halaman threadnya seorang diri tanpa teman sehingga gak bisa diapa-apain lagi, jadinya untuk ngebalikin musti harus meng-close appnya dari taskbar iPun.

 

4. Stabilitas

Namun dari segi stabilitas, bisa aku bilang buruk sekali, dalam percobaanku 10 menit pertama aplikasinya crash berkali-kali. Bahkan ada beberapa keadaannya applikasinya crash saat aku lagi gak ngapa-ngapain, agak bikin jiper juga jadinya. Jadinya untuk stabilitas aku kasih jempol 2.

 

Secara keseluruhan aku suka banget sama kaskus app ini, ku beri jempol 3 saja, karena seringnya crash bikin aku rada senewen kalo lagi buka applikasinya, jangan2 pas lagi asik2 ngomen appnya crash dan komenku yang bisanya panjang dan lama ilang sudah.

 

Link ke kaskus :D


The Comments

Write a comment

  • Required fields are marked with *. (do'oh)

Type your name here, but it not necessary, because I had anticipate your lazy hand.

Yes, you can leave it empty. It's not like that I'm going to write you an email. But if you do, I will display your Gravatar.

It's unnecessary to provide your blog url, but here it is. Use this format: http://www.dwaan.com.

You're encourage to write a subject. Well if not, I'll give some nasty and ugly subject to your comment.

You really have to write your comment below, it's required. I mean, you want to write a comment wont you?.

If you have trouble reading the code, click on the code itself to generate a new random code.

Sorry, I don't trust you are human. Please type those funky words to prove you are a human.

 

 


Estilodessey
Comment
MANTAP
Thu August 05, 2010, 06:35:13
pertamaxxx kah?
Comment
Re: Review Kaskus Apps for iPhone
Fri August 20, 2010, 21:30:51
Thanks untuk review nya. Lengkap! Untuk saran, komen atau feedback apapun mengenai Kaskus iPhone app, bisa follow Apps Foundry di @appsfoundry, update-an juga akan selalu kami twit!

Cheers,
Apps Foundry

DwAN
Comment
Re: Review Kaskus Apps for iPhone
Fri August 20, 2010, 23:47:44
Hihihi, baik lah agan Developer, ini review versi 1.0.3 belum yg terbaru :D
Comment
Kaskus BB app
Tue August 31, 2010, 05:18:55
mau share yang versi BB nya nih dwan.

Kalo soal tampilan so pasti lebih ciamik yang versi iphone.

Untuk kelengkapan fitur buat gue udah cukup, karena gw pake app ini cuma buat keperluan darurat a.k.a. mobile. Jadi gue mau share keluhannya aja.

1. Kurang terintegrasi dengan versi online. Contoh :
- Fitur 'subscribe' thread. kaskus bb app seolah-olah punya dunia 'subscribed thread' sendiri. Yang udah kita subscribe di versi www gak otomatis nampil disini.
- PM yang sudah dibaca/direply di versi www (dan punya tanda tertentu) tidak memiliki tanda yang sama dengan yang di versi bb app nya. Begitu pula sebaliknya. Jadi ketika bales pm di mobile app, pas liat di versi www gue suka bingung sendiri, apa pm tersebut udah gue reply ato belum.

2. STABILITAS. pokoknya gue gak berani pake lama-lama app ini (jelas kan :P )

DwAN
Comment
Re: Review Kaskus Apps for iPhone
Tue August 31, 2010, 16:39:40
mantab Ba, udah ada kaskus app untuk BB juga to. (rock)
Comment
Re: Review Kaskus Apps for iPhone
Tue September 21, 2010, 12:52:53
Wah thanks nih ud ada yg nge-review. komplet! Nice one!
baru juga mo donlod buat iphone gw. :)

DwAN
Comment
Re: Review Kaskus Apps for iPhone
Sat September 25, 2010, 22:48:30
@MysteryE: Hooh sama2 gan
Comment
sesuatu banget yah..
Fri September 23, 2011, 09:37:16
ya ampyooon.. keren ajah.. udah lama banget nggak amen ke inih blog >.<
nggak ada versi desktop nyah yah abang dwan?