Your Login Details


Microblogging to the next level and beyond

Kehidupan di jurnal/blog online-ku sudah tidak seaktif seperti dulu, hal ini disebabkan karena dunia permayaanku telah berpindah ke dunia permayaan microbloging yaitu plurk dan twitter. Microblogging merupakan sesuatu yang sedang booming saat ini, ide awalnya hanya sebatas keinginan untuk menceritakan sesuatu yang menarik yang sedang kita kerjakan tanpa harus menulis panjang dan lebar, seperti: "Aku sekarang lagi di wc" atau "Hari ini aku gak pake celana ke kantor".

Microblogging di populerkan oleh twitter dan mulai merebak ke layanan servis lain seperti plurk. Akhir2 ini aku juga mulai menyadari, status yang ada di setiap web pertemanan seperti facebook dan friendster merupakan bentuk dari sebuah mircoblogging lainnya.

Dari situ aku berfikir, dengan demam microbloging yang melanda saat ini, akhirnya aku mendapatkan ide untuk membuat sebuah fasilitas di blog ku yang mengumpulkan semua mircobloging-microbloging pada suatu saat atau suatu topik sehingga menjadi sebuah postingan blog yang utuh. Ide tersebut aku dapatkan ketika ada sebuah website bernama tweetmygaming yang mengumpulkan semua twitter yang berhubungan dengan game. Namun kumpulan twitter tersebut tidak memiliki keterkaitan. Dari sinilah ide tersebut muncul.

Rencana yang akan aku lakukan adalah:

 

  1. Menggunakan api dari situs-situs microblogging tersebut dan secara otomatis menggabungkannya dalam blog ku. Cara ini kurang lebih sama seperti tweetmygaming sehingga tidak mungkin dilakukan pengkategorian dari postingan microbloging yang aku lakukan.
  2. Dengan menggunakan cara pertama dilakukan pengkategorian berdasarkan hari. Masalahnya post microblogging yang sering aku lakukan pada suatu hari memiliki kecenderungan berbeda topik, dan pada hari yang lainnya barulah terkadang aku membuatkan post microblogging yang sama.
  3. Dari kedua langkah akan aku kmobinasikan dengan menggunakan pemecahan kata-kata dari postingan microbloging tersebut dan melakukan mengkategorian berdasarkan kata-kata yang terdapat di postingan tersebut. Mungkin semacam tag-ing, masalahnya disini belum tentu juga postingan tersebut saling berhubungan dan kemungkinan terparahnya postingannya bisa redundant di suatu topik yang berbeda.
  4. Cara alternatifnya adalah melakukan posting secara manual dengan pemilihan topik secara manual dari blog-ku.
Dan sepertinya cara ke empat yang mungkin akan aku buat untuk blog-ku ini, semoga berhasil.


The Comments

Write a comment

  • Required fields are marked with *. (do'oh)

Type your name here, but it not necessary, because I had anticipate your lazy hand.

Yes, you can leave it empty. It's not like that I'm going to write you an email. But if you do, I will display your Gravatar.

It's unnecessary to provide your blog url, but here it is. Use this format: http://www.dwaan.com.

You're encourage to write a subject. Well if not, I'll give some nasty and ugly subject to your comment.

You really have to write your comment below, it's required. I mean, you want to write a comment wont you?.

If you have trouble reading the code, click on the code itself to generate a new random code.

Sorry, I don't trust you are human. Please type those funky words to prove you are a human.