Your Login Details


(Artikel ini ditulis hari minggu 28062008)

Prof. Layton

Tepatnya jum'at minggu lalu aku akhirnya menerima game ini. Game yang sudah kupesan kurang lebih 4 bulan yang lalu tapi entah kenapa katanya game ini laris di pasar internasional sehingga toko tempat aku memesannya sampai butuh ganti distributor untuk mencari game ini. Kabar dari mereka juga akibat sedang gencarnya pemeriksaan beacukai barang import game ini jadi sempat tertahan juga di pelabuhan. Repot aja, kekek.

Tampa panjang lebar lagi, hari jum'at malam selepas aku pulang dari kantor aku langsung diberitahu ada kiriman lagi oleh kakakku. Sudah kutebak akhirnya game ini datang juga. Sementara hari masih maghrib aku bergegas mencuci muka terlebih dahulu lalu wudhu dan sholat. Sehabis kegiatan tersebut akhirnya aku untuk pertama kali memainkan game ini.

Pada awal membuka permainannya aku langsung disuguhkan dengan animasi yang membuat anganku terbawa kemasa kecil. Teringat masa-masa dimana aku sering melihat film kartun klasik yang berasal dari negara Inggris, terutama ketika pembicaraan pertama kali dalam naimasi tersebut dimana para tokoh utamanya menggunakan logat Inggris kental, wah suka banget. Animasinya tidak berlangsung lama karena tidak beberapa lama aku disiguhkan dengan percakapan penuh teks tanpa animasi tapi masih diiringi suara tokoh utama yang berlogat Inggris. Setelah melalui pembicaraan tersebut akhirnya aku disuguhkan dengan puzzle pertama yang sangat mudah bagi siapa saja.

Iya benar sekali, itulah beberapa alasan kenapa aku menanti game ini. Kalau kamu lihat sekilas game ini, pasti kamu tidak tertarik karena penuh dengan teks dan sangat sedikit animasi dan kebanyakan kegiatan dilakukan pada sebuah gambar artwork yang tidak bergerang dengan ditambah beberapa tokoh pendamping yang bergerak seadanya. Tapi justru itu yang bikin aku tertarik, artwork yang disuguhkan mengingatkan aku pada novel-novel remaja jaman dahlu seperti "Tiga Serangkat". Jalan ceritanya juga mengingatkan akan novel-novel tersebut, animasi yang seperti aku sebutkan mengingatkan pada kartun Inggris jaman dulu, pokoknya semuanya membuatku terkenag kembali kemasa kecil dahulu.

Tapi yang menarik adalah game ini game yang cukup menantang otak, karena aktivitas utamanya adalah memecahkan teka-teki yang terkadang mudah terkadang sulit. Tapi setelah secara tekun selama seminggu ini aku akhirnya berhasil menyelesaikan ceritanya sabtu kemarin, dengan total jam bermain sekitar 21 jam, walau tetulis aku menyelesaikan dalam waktu 20 jam tapi sebenarnya, ada beberapa teka-teki yang musti direnungkan beberapa jam bahkan sampai seharian. Akan tetapi masih banyak teka-teki yang belum aku selesaikan dan diakhirnya ceritanya ditulis "To Be Continued". Aku sebenarnya sudah tau juga sih, karena habis "Courous Village" adana kelanjutannya yaitu "The Pandora Box".

Sambil menyelesaikan sisa-sisa teka-tekinya, aku juga menunggu kelanjutan game ini yang entah kapan keluarnya lagi. Mengingat ada beberapa teka-teki yang baru kebuka kalau aku memasukkan kata kunci yang adanya dilanjutan game ini (pemaksaan, kekeke).

Sebagai tokoh utamanya ada Profesor Layton seorang pemecah teka-teki yang di dampingi oleh Luke remaja sekitar 13 tahun yang berguru kepada profesor Layton untuk menjadi pemecah teka-teki nantinya. Suatu hari dia dipanggil seseorang ke suatu desa untuk menemuka harta peninggalan warisan yang diselubungi teka-teki. Ceritanya memilik alur yang mirip dengan novel-novel remaja Inggris yang aku sebutkan sebelumnya dengan setting tahun 50-an mungkin bisa dibilang sejaman dengan Tin-Tin dimana semuanya masih berjalan dengan sistem mekanik dsb, pokoknya setting pada jaman yang kalau aku bilang tidak modern tapi maju.

Yah, segitu cerita singkatnya.


The Comments

Write a comment

  • Required fields are marked with *. (do'oh)

Type your name here, but it not necessary, because I had anticipate your lazy hand.

Yes, you can leave it empty. It's not like that I'm going to write you an email. But if you do, I will display your Gravatar.

It's unnecessary to provide your blog url, but here it is. Use this format: http://www.dwaan.com.

You're encourage to write a subject. Well if not, I'll give some nasty and ugly subject to your comment.

You really have to write your comment below, it's required. I mean, you want to write a comment wont you?.

If you have trouble reading the code, click on the code itself to generate a new random code.

Sorry, I don't trust you are human. Please type those funky words to prove you are a human.