Your Login Details


Lebaran Itu...

Terinspirasi dengan iklan lebaran lucu dari Telkom, dimana diceritakan anak-anak sekolah diberikan PR lebaran yaitu menggambar mengenai lebaran mereka yang diakhiri dengan seorang anak yang bijak yang memperlihatkan kertas kosong dan berkata "Kata bapak, lebaran itu kembali bersih" or something like that. Nah, aku buat cerita lebaran versi anak-anakku juga.

Lebaran itu gak lengkap kalo gak ada:

1. Kue-kue kering

Kue Lebaran

Tiap tahun pasti ibuku membuat kue kering, kue yang paling sering dibuat adalah kue Nastar. Sering banget aku membantu membuat kue Nastar dengan memperbesar selai nanasnya. Namun karena tahun ini akhir puasa disibukkan dengan kelahiran keponakannu Maritza Almaviroh (aku belom tau, kalo ditulis nama keponakan yang baru itu gimana ^_^, tapi pokoknya panggilannya Maritza), tahun ini tidak ada acara buat kue, yang ada kuenya dibeli semua.

Kacang Lebaran

Disamping kue kering, pasti ada tambahan makanan untuk anak-anak. Biasanya Ibu beli permen atau coklat-coklat kecil. Tahun ini gabungan dua-duanya a.k.a cokelat permen cha-cha di tambah aku beli es krim. Nah biasanya kalo Es krim dibuat sendiri juga dari adonan es krim instant yang ada di super market, yang tinggal di mixer dan di masukin ke lemari es.


2. Ketupat, Rendang, Sayur Tempe dan Opor plus Ayam hidup.

terkadang tiap lebaran Ibu beli ayam hidup untuk di jadikan opor Ayam, kebetulan Bapak sekarang gak makan ayam peternak dan cuma boleh makan ayam kampung. Oleh karena itu tahun ini Ibu beli 2 ayam kampung jago. Biasanya kalo ada masakan yang dibuat dari binatang yang sebelumnya sempat menginap di rumah, aku nggak mau makan masakan itu. Tahun ini aku mencoba memakan opor itu, tapi tetap saja tidak bisa, kasihan sama ayamnya ^_^. Tapi sekarang ayamnya sudah masuk surga mungkin.

Ayam Lebaran

Dua makan yang tidak terlupakan juga dalah rendang dan sayur tempe yang pedas. Tiap tahun pasti Ibu buat rendang dan sayur tempe, sama seperti tahun sebelumnya kedua makanan itu ada dan rendang menjadi lauk favoritku setiap tahunnya. Rendang buatan Ibuku itu bumbunya medok dan pas tapi tidak terlalu pedas. Kata orang mirip rendang orang padang, soalnya emang kalo aku ngeliat rendang di rumah saudaraku yang lain, pasti gak ada yang dagingnya sebanyak rendang Ibuku ^_^, terus bumbunya itu paling ngingetin. Meanwhile tu sayur tempe yang super pedas biasanya, kali ini tidak terlalu pedas dan sebagai pengganti kuah yang biasanya aku menggunakan kuah opor aku gunakan kuah sayur tempe untuk tahun ini, masih teringat sama ayam idup itu.

Lauk Lebaran

Satu hal yang tidak terlupakan adalah adanya ketupat, lebran (di Indonesia) pasti diidentikkan dengan ketupat.

Ketupat Lebaran


3. Tanaman di dalam Rumah

Nah, disamping makanan di atas, kalo lebaran pasti ada tanaman di dalam rumah. Sebegai pernak-pernik, tanaman juga dijadikan hiasan kalo lebaran. Kali ini ada banyak tanaman yang dimasukkan ke dalam rumah, mengingat Bapak sekrang dagang tanaman hias dan tanamannya banyak sekali sekarang ^_^.

Tanaman Lebaran

4. Ngumpul bareng

Terus yang terpenting saat lebaran adalah ngumpul bareng. Rumahku sering dijadikan tempat ngumpul keluarga terutama keluarga dari Ibu, mengingat kalo di Jakarta Ibu adalah kakak paling tertua. Terus biasanya akan ada acara ngumpul di rumah Kaka tertua Bapak di Tanjung Duren, namun kali ini gak ada karena acara ngumpulnya dipindahkan menjadi ngumpul di rumahku sekaligus akikahan Maritza keponakanku.


The Comments

Write a comment

  • Required fields are marked with *. (do'oh)

Type your name here, but it not necessary, because I had anticipate your lazy hand.

Yes, you can leave it empty. It's not like that I'm going to write you an email. But if you do, I will display your Gravatar.

It's unnecessary to provide your blog url, but here it is. Use this format: http://www.dwaan.com.

You're encourage to write a subject. Well if not, I'll give some nasty and ugly subject to your comment.

You really have to write your comment below, it's required. I mean, you want to write a comment wont you?.

If you have trouble reading the code, click on the code itself to generate a new random code.

Sorry, I don't trust you are human. Please type those funky words to prove you are a human.

 

 

Comment
Re: Lebaran Itu...
Mon October 06, 2008, 22:20:17
serius lo dhu? nyokap lo bikin opor dari ayam idup yang diinepin dulu dirumah loooo? ooowwwhhh... sadissss....

DwAN
Comment
Re: Lebaran Itu...
Tue October 07, 2008, 20:30:44
Kok sadis ^_^

hari
Comment
kak saya minta gambarnya yah
Thu August 06, 2009, 17:52:52
kak saya minta gambarnya yah..nanti saya cantumkan link ke blog ini sebagai sumber. terima kasih kak

DwAN
Comment
Re: Lebaran Itu...
Fri August 28, 2009, 13:03:32
Boleh, de' Hari. Mau dunks linknya