Your Login Details


It's Thursday

Kamis adalah salah satu hari yang ditunggu-tunggu oleh aku. Bukan saja karena besoknya hari jumat yang menandakan datangnya akhir pekan tapi karena ada suatu berita yang selalu aku ikuti tiap minggunya.

Pada setiap hari kamis pagi, aku langsung mantengin website GoNintendo untuk mencari tahu chart hardware dan software untuk game di Jepang saat ini, kamu tahukan kalau Jepang masih dianggap kiblat-nya dunia game. Ada dua sumber chart yang ada di Jepang, yaitu Famitsu (majalah game) dan Media Create (organisasi nirlaba seperti AC Nielsen).

Yang pertama kali muncul adalah chart dari Famitsu yang perhitunganya dengan cara sampling. Tak beberapa saat kemudian baru muncul chart dari Media Create yang cara perhitungannya benar-benar dari data penjualan di toko.

GoNintendo
biasanya me-refer dari sebuah forum benama NeoGaf. Dari forum itu biasanya aku menghabiskan waktu di hari kamis membaca setiap komentar yang ada, lucu-lucu biasanya.

Entah kenapa aku jadi tertarik terhadap kedua chart itu, mungkin dikarenakan selera game orang Jepang mirip dengan seleraku. Bayangkan saja untuk chart hardware akan selalu di warnai dengan DS sebagai no 1 di ikuti oleh Wii atau walau terkadang gantian sama PSP.

Di TOP 30 software chart-nya 2 per 3 pasti akan didiminasi sama game dari Wii dan PS, kekeke. Software-software yang biasanya belum keluar di Amerika sehingga jika nantinya di-release di Amerika kemungkinan besar aku kan membelinya.

Lain halnya di Amerika. Di sana ada sebuah organisasi bernama NPD (lupa kepanjangannya) yang hanya mengeluarkan perkiraan penjualan software dan hardware tiap sebulan sekali. Sebulan sekali rasanya sangat lama sekali untuk di ikuti, tapi tetap aku nanti juga.

Sma halnya dengan Jepang, hardware chart di dominasi oleh Wi dan DS plus XBOX 360. Sedangkan untuk software chart-nya ada perbandingan yang rata antara ketiga console tersebut.

Lalu apa hubungannya dengan aku? Aku memiliki Wii dan DS sehingga perkembangan kedua console itu patut aku ikutin biar tidak ketingalan jaman. Aku juga menolak membaca majalah game di Indonesia yang lumayan ketinggalan jaman dan tidak sesuai dengan seleraku.

Berbicara soal selera, selera orang Indonesia terhadap game masih berkutat terhadap PlayStation 2 dan berharap memiliki Playstation 3 nantinya. Walaupun tidak masalah denganku, tetapi ada satu pernyataan yang ingin aku tegaskan di sini. Dunia game di Indonesia tidak maju karena para gamers-nya masih suka membajak. Mereka pasti akan kaget kalau ternyata PS3 itu tidak bisa di Bajak (karena pakai Blu-Ray), kekeke.

Untuk aku sih tidak masalah mau pilih Wii - PS3 - XBOX 360 -DS - PSP karena aku membeli game asli, tapi aku memang sudah terlanjur menjadi penggemar produk Nintendo sehingga aku menolak mengikuti selera gamers Indonesia. Mungkin secara perlahan selera gamers Indonesia mulai beralih ke arah Wii atau XBOX 360 karen keduanya sudah bisa di bajak.

Udah ah jadi ngalor-ngidul.


The Comments

Write a comment

  • Required fields are marked with *. (do'oh)

Type your name here, but it not necessary, because I had anticipate your lazy hand.

Yes, you can leave it empty. It's not like that I'm going to write you an email. But if you do, I will display your Gravatar.

It's unnecessary to provide your blog url, but here it is. Use this format: http://www.dwaan.com.

You're encourage to write a subject. Well if not, I'll give some nasty and ugly subject to your comment.

You really have to write your comment below, it's required. I mean, you want to write a comment wont you?.

If you have trouble reading the code, click on the code itself to generate a new random code.

Sorry, I don't trust you are human. Please type those funky words to prove you are a human.