Your Login Details


Indonesian Idol 2008

Tahu tidak kalau hari sabtu kemarin aku ikutan audisi Idol 2008? Wakaka, kaek ABG ajah. Tapi sebenarnya ada misi sendiri dari pada hanya segedar iseng. Yang jelas aku sebenarnya ingin ikutan tapi aku sadar dengan tampang dan suara yang super pas mana mungkin bisa masuk, kekeke.

Misi PERTAMA, mencari tahu sebagaimana besarnya pengaruh Fremental terhadap peserta (dalam hal ini soal kontrak yang katanya mengikat sekali). Ternyata sangat besar sekali, ada 2 lembar isian yang harus diisi oleh orang yang ikut audisi. Lembar pertama hanya berisi pertanyaan ringan (dan gak penting). Tapi lembar kedua yang membuat khawatir, intinya segala macam hak cipta (kita) setelah dan selama mengikuti Idol adalah milik Fremental dan Fremental berhak mengeksploitasinya selama dalam masa kontrak. Ajir abis, kalo aku misalnya nyiptain lagu yang hit banget dan laku dimana2, aku akan kehilangan komisi lagu tersebut karena bukan milik kita lagi. Tapi selama masih dalam kontrak mungkin kita akan mendapat bagian, bagian yang tidak dijelaskan pembagiannya. Mungkin tapi ini kontrak kasar, tapi harus ditandatangani oleh kita (atau wali kita kalu dibawah 21 tahun).

Misi KEDUA, mengetahui rasanya ikutan audisi dan bagaimana tahapannya. Hari itu aku bangun pagi sekali dan berangkan ke Mega Glodok Kemayoran jam 7:30, sampai di sana sekitar 8:15. Tempat audisi ada di lantai 8, pada saat aku keluar dari lift sudah terlihat antrian awal yang membludak. Antriannya ada di tempat parkir jadinya tidak terlalu panas (dan mobil juga dilarang parkir di situ). Beberapa puluh menit kemudian (munkin 1,5 jam kemudian) akhirnya aku sampai di baris antrian terdepan. Weits, hari itu ternyata hari shooting-shooting-an, bagian barisanku disuruh berlari-larian kecil ketika naik kelantai 9 (gila masih ada lantai lainnnya) sambil di shoot, biasanyakan kalo di tv ada tuh yang bagian lari-lari kalo audisi dibuka (ceritanya). Aku kebagian muncul dikit, kita lihat saja nanti apa ada mukaku disitu.

Setelah berlari-larian kecil dan sampai dilantai 9, semuanya harus memilih barisan baru, barisan yang daftar online atau daftar radio dan belum daftar. Untung mengantrinya sebentar karena lantai 9 adalah lantai teratar yang tidak ada atapnya jadinya sangat panas. Setelah itu, berisan baruku ini disuruh berjalan dan kembali mengantri kembali. Kali ini ada hiburan sedikit dari sponsor Fren, yang mau audisi disuruh maju untuk menyanyi. Beberapa saat kemudian barisanku berjalan kembali untuk kembali mengantri, tapi tak lama kemudian beberapa orang disuruh jalan satu persatu kali ini untuk daftar ulang dan menempel no pendaftaran di dada.

Giliranku aku harus mengantri agak panjang, karena aku sudah mendaftar online aku hanya menunjukkan no pendaftaraku dan KTP lalu di suruh masuk kedalam Gedung. Di lantai 9 ada semacam tempat pertemuan tapi masih agak berantakan. Setelah masuk ke gedung tersebut aku naik eskalator dan memasuki suatu ruangan yang besar dan sudah di penuhi peserta audisi lainya. Saat itu jam menunjukkan angka 10:30 (sepertinya), dalam ruangan itu aku harus menunggu nomerku dipanggil.

Nomer yang dipanggil terpampang di layar yang besar di depan, mereka menggunakan aplikasi web (pakai ASP). 2 jam kemudian nomerku tidak muncul-muncul dan aku mulai resah. Di kejauhan nampak peserta lain ada yang dishoot untuk dimaukin kedalam acara nantinya. Tak lama kemudian ada acara selingan, muncul Ussy Sulistiawati menyanyikan 2 lagu. Acaranya di pandu sebentar sama Daniel dan Dewi Sandra (mungkin mereka VJ acara audisi).

Ada acara kuis sebentar dari bintang tamu. Sesudah itu aku menunggu lagi sekitar 1 jam-an yang kemudian muncul seorang tidak dikenal membawakan acara game yang hadiahnya dari sponsor. Perutku lapar sekali karena tidak membawa makanan (dan minuman juga). Acaranya tidak lama, ada 3 orang yang dapat hadiah lumayan ternyata dapat HP dari Fren dan mie merek Indomie se tas.

Aku menunggu kembali dan beberapa puluh menit kemudian, muncul bintang tamu lagi. Kali ini Delon dan Shanty. Cewe pada histeris pasa Delon menyanyi, sedangkan Shanty menyanyi diatas panggung dan ketika lagunya selesai melemparkan CD Album barunya. Dan akhirnya selesai juga. Orang-orang di sekitarku mulai pada resah karena nonya belum dipanggil-panggil. Usut punya ternyata semuanya yang daftar online. Suasana gelisah mulai timbul diantara peserta khususnya yang mendaftar orang. Ada orang yang menanyakan kepada panitia yang menjawab nomernya diacak. Tapi yang tertampil tampak tidak teracak kecuali nomer pendaftar online.

Peserta yang mendaftar dari radio atau yang baru mendaftar mendapatkan 5 dijit nomer sedangkan yang mendaftar online mendapat 6 dijit nomer. Yang terlihat di layar nomer 5 dijit sering muncul dan berurutan dan yang 6 dijit paling banyak muncul 4 dari 10 baris nomer yang ditampilkan. Peserta yang sudah menunggu dari pagi mulain teriak2 kalau diumumkan nomor baru muncul.

Beberapa puluh menit kemudian, muncul lagi bintang tamu kali ini dari peserta Idol dulu (yang aku tidak kenal). Kali ini tidak ada acara bagi-bagi hadiah sehingga cukup cepat dan akhirnya dilanjutkan kembali. Beberapa saat kemudian, aplikasinya tidak memunculkan nomer-nomer lagi (Kekeke, entah sengaja atau memang rusak) saat itu sudah pukul 4 sore. Akhirnya kami di suruh duduk berbaris, untung sekali aku sekarang duduk dibarisan terdepan dan tak lama kemudian barisan terdepan di suruh masuk ke dalam suatu ruangan lagi.

Aku kira akan langsung audisi, ternyata aku harus mengantri lagi untuk menuruni tangga untuk kembali menunggu disuatu ruangan. Tidak lama menunggu akhirnya aku disuruh kesuatu ruangan lagi. Dalam kelompok 10 orang kami menunggu di depan suatu ruangan yang ternyata ruangan audisi untuk menyanyi. Disitu sudah ada 2 orang (dan tidak ada juri artis) dimana aku langsung disuruh menyanyi.

Selesai menyanyi aku disuruh menunggu lagi untuk pengumuman yang di umumkan diruangan yang lain. Tentu saja aku langsung tidak lolos dan langsung disuruh pulang. Sebenarnya sehabis ini ada tahapan-tahapan lagi seperti yang aku dengar dari seseorang di lift. Ada audisi didepan kamera dan pengumumannya hari ini (kalau lolos akan dipanggil).

Ternyata audisi awal tidak seperti audisi yang di TV dimana semua orang langusng bernyanyi depan juri artis. Aku jadi bertanya kalau sebelumnya saja sudah disaring kenapa masih ada yang bisa ikutan audisi didepan juri arti padahal suara dan wajah mereka tidak support, kekeke. Mungkinkah orang-orang tersebut di bayar untuk tampil?

Misi KETIGA, Ingin lihat keramainnya sampai mana. Ternyata ramai juga, seperti yang aku ceritakan di atas, aku sampai nunggu dari pagi sampai sore. Bahkan ada yang bilang kalau audisi hari pertama sampai jam 3 pagi. Aku beruntung pas audisiku ada artis-artis berentetan yang muncul menghibur walaupun lebih mending langsung cepat audisi dan bisa pulang.

Well, itu pengalamanku ikutan audisi Indonesian Idol 2008. Sebenarnya setelah Indonesian Idol yang ke 2 aku tidak pernah ngikutin lagi, tapi teringat blog dan ingin merasakannya akhirnya ikutan audisi dah. Sayang tidak ada foto-fotonya, kaeknya harus beli kamera kecil nih.


The Comments

Write a comment

  • Required fields are marked with *. (do'oh)

Type your name here, but it not necessary, because I had anticipate your lazy hand.

Yes, you can leave it empty. It's not like that I'm going to write you an email. But if you do, I will display your Gravatar.

It's unnecessary to provide your blog url, but here it is. Use this format: http://www.dwaan.com.

You're encourage to write a subject. Well if not, I'll give some nasty and ugly subject to your comment.

You really have to write your comment below, it's required. I mean, you want to write a comment wont you?.

If you have trouble reading the code, click on the code itself to generate a new random code.

Sorry, I don't trust you are human. Please type those funky words to prove you are a human.

 

 

Comment
Very informative blog
Sun August 29, 2010, 06:41:29
I will post a link to this blog on my website. I'm sure my readers will find this info really great.
Comment
szdDYdFpY
Fri August 26, 2011, 03:03:29
Well put, sir, well put. I'll cterainly make note of that.