Your Login Details


Uneg-uneg, part 1 - New Composition

Baru-baru ini ada perubahan peraturan di kantorku, yang pada awalnya menurutku biasa-biasa saja. Perubahannya terjadi awal bulan dimana saat gaji di transfer dan tunjangan di kasih. Namun tadi saat aku mandi sore (baca malam), aku sempat berfikir mengenai peraturan itu, semakin aku pikirkan semakin ada yang mengganjal. Peraturannya seperti berbunyi seperti ini "Untuk menghindari pajak yang besar, perusahaan mengambil keputusan untuk merubah komposisi gaji menjadi 60% untuk gaji pokok dan 40% dari total gaji sebelumnya". Setahuku tunjangan tidak dikenakan pajak, namun gaji pokoklah yang di kenakan pajak.

Sebelum ini tidak ada komposisi tetap mengenai tunjangan dan gaji tetap, semua berdasarkan kesepakatan dari pegawai dan perusahaan. Yang jadi pikiranku adalah, tunjangan dihitung perhari. Tunjangan dipotong jika karyawan tidak masuk, baik itu izin atau sakit. Jika karyawan izin setengah hari, maka tunjangan pada hari itu di berikan setengah. Sedangkan gaji pokok diberikan utuh walaupun kita tidak masuk.

Dalam dunia yang sempurna dimana kita hanya hidup untuk kerja sehingga tidak peduli ada kepentingan lain atau misalkan kita sakit, komposisi gaji yang baru mungkin tidak masalah. Tapi, kita semua sebagai manusia terkadang sakit terkadang perlu izin untuk menyelesaikan masalah selain di kantor dan sebagainya. Inilah yang menjadi pikiranku. Dulu komposisi gajiku 80% gaji pokok dan 20% tunjangan. Saat aku izin untuk tidak masuk, tidak menjadi masalah bagiku karena potongan tunjanganku terhitung masih kecil.

Mari kita lakukan sedikit perhitungan, misalkan gajiku berupa kulit kerang, dimana setiap bulan misalkan aku mendapat 100 kulit kerang. Sebelum adanya peraturan tersebut tunjanganku adalah 20 kulit kerang jika di bagi denga hari kerja maka tiap harinya tunjanganku adalah 1 kulit kerang. Jika pada suatu bulan aku tidak masuk 2 hari, makan tunjanganku tinggal 18 dan gajiku pada bulan itu menjadi 98 kulit kerang. Masih terlihat tidak terlalu merugikan.

Lalu kita lakukan perhitungan dengan komposisi baru, maka tunajnganku menjadi 40 kulit kerang dan daji tetapku menjadi 60 kulit kerang. Tunjanganku tihap hari menjadi 2 kulit kerang. Jika dengan menggunakan komposisi baru aku tidak masuk 2 hari, maka aku kehilangan 4 kulit kerang. Jika dihitung gajiku pada bulan itu tinggal 96 kulit kerang. Hmm, berkurangnya lebih banyak. In baru tiap hari, bayangkan jika setangah bulan aku tidak masuk karena sakit perut akut :P. Untuk komposisi yang lama aku akan kehilangan 10 kulit kerang sehingga gajiku bulan itu menjadi 90 kulit kerang, namun untuk komposisi yang baru aku kehilangan 20 kulit kerang sehingga gajiku menjadi 80 kulit kerang.

Aku merugi 10 kulit kerang jika dihitung-hitung antara komposisi baru dan komposisi lama. Intinya aku dirugikan dengan komposisi yang lalu. Selain itu ada satu permasalahan lagi, mereka mengurangi gaji pokokku dari 80 menjadi 60 kulit kerang. Bagaimana ini bisa terjadi, seseorang yang mendapatkan pemotongan gaji pokok dalam sejarah pasti telah berbuat salah sehingga merugikan perusahaan, namun aku tidak melakukan apa-apa yang merugikan perusahaan samapi saat ini.

Perusahaan sepertinya tidak mau perduli dengan ini, mereka dengan seenaknya momotong gaji pokok kita dimana seharusnya ini tidak boleh terjadi. Pada awalnya perusahaan ingin mengurangi pengeluaran tapi dengan mengorbankan gaji karyawan. Tampak di permukaan perubahan komposisi ini sepertinya tidak terlalu bermasalah, karena karyawan akan tetap mendapatkan gaji mereka yang seharusnya. Namun kutekankan lagi, kita tidak hidup dalam dunia dimana pekerjaan adalah sesuatu yang utama, kita bisa sakit sewaktu-waktu, kita perlu izin sewaktu-waktu baik karena kepentingan keluarga tau kepentingan mendadak dan sebagainya.

Entah akankah aku akan kemukakan ini ke HRD kantorku, atau aku simpan saja dimana aku sejak awal tidak berniak untuk lebih dari satu tahun di perusahaan ini. Ditambah dengan komposisi ini keinginanku untuk tidak lebih setahun menjadi lebih kuat saja. Namun disamping perubahan komposisi gaji tersebut diatas ada satu peraturan baru yaitu kenaikan tunjangan berdasarkan bintang-bintang yang sepertinya menggiurkan tapi telah lenyap ditelan komposisi baru sehingga aku tidak memikirkannya lagi.

Kenaikan tunjangan dilakukan tiap tahun begitu juga dengan gaji pokok, namun sebelum terjadinya kenaikan tersebut selama setahun aku akan merugi berlipat-lipat jika tidak masuk kerja. Dan gaji pokokku dipotong, damn. Itu suatu yang aneh, Kalau masa satu tahunku sudah berakhir dan jika meraka memang memerlukan aku, kartu penawaran ada di aku tapi jika memang dari awal tidak terlalu memerlukan aku, aku sudah dari awal sudah siap. Tidak seperti dunia akan berakhir. Dan omong-omong aku sudah 9 bulan di kantor ini, tinggal 2 bulan lagi untuk mengajukan surat pengunduran diri.

Sementara itu, aku harus mempertahankan proyek-proyek freelanceku, agar tidak ada waktu jeda antara pekerjaanku ini dengan pekerjaanku nantinya (jika Allah masih memberi kesempatan itu untukku). Satu tambahan lagi, sudah lebih 3 bulan mereka tidak menyerahkan surat pengangkatanku, dimana yang lain sudah diberikan cuman aku yang belum. Alasannya belum ditanda-tanganin oleh Bosku, yang kebetulan memang tidak pernah masuk karena bapaknya yang sakit.

Pada akhirnya aku selalu mendapatkan alasan-alasan yang kuat untuk membenarkan pengunduran diriku. Selama ini aku kerja diperusahaan tersebut memang tidak ada masalah berarti. Aku berkerja dengan santai dan sepertinya kau mulai terbiasa. Hari berjalan dengan lancar tanpa ganjaran yang menyebabkan aku harus lembur di kantor atau semacamnya (walau dulu sempat). Semoga Allah meridhoi jalanku. Bahkan aku berhasil menggunakan sepeda ke kantor. Sesatu yang akan ku rindukan jika aku nanti bekerja di tempat yang jauh dari jangkauan sepedaku (atau sebaiknya kau mencari tempat kerja yang dekat).


The Comments

Write a comment

  • Required fields are marked with *. (do'oh)

Type your name here, but it not necessary, because I had anticipate your lazy hand.

Yes, you can leave it empty. It's not like that I'm going to write you an email. But if you do, I will display your Gravatar.

It's unnecessary to provide your blog url, but here it is. Use this format: http://www.dwaan.com.

You're encourage to write a subject. Well if not, I'll give some nasty and ugly subject to your comment.

You really have to write your comment below, it's required. I mean, you want to write a comment wont you?.

If you have trouble reading the code, click on the code itself to generate a new random code.

Sorry, I don't trust you are human. Please type those funky words to prove you are a human.